Selasa, 19 Agustus 2008

Nasionalisme itu tetap ada..


2 Hari setelah 17-an, masih dalam suasana memeriahkan Hari Kemerdekaan. Saya sangat terharu ketika melihat tayangan di Metro TV semalam dalam acara Metro Realitas, dimana anak-anak yang tinggal jauh di ujung terdepan kepulauan Indonesia mampu menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dengan penuh semangat patriotik.

Ada Pulau Miangas, yang letaknya di utara pulau sulawesi berbatasan langsung dengan negara Filipina tepatnya Pulau mindanao (Filipina bagian selatan), jarak Pulau Miangas dengan Filipina lebih dekat dibandingkan dengan jarak dari Pulau Miangas ke daerah terdekat Indonesia yaitu Manado. Jarak dari Pulau Miangas ke Filipina menurut tayangan itu sekitar 80 Mil sedangkan jarak dari Pulau Miangas Ke Manado berjarak 280 Mil, tetapi mereka sangat bangga mengatakan bahwa kami tetap orang Indonesia dan berkebangsaan Indonesia. Meskipun secara geografis kami lebih dekat ke Filipina tapi dari segi emosional kami adalah warga negara Indonesia. Tanah tumpah darah kami adalah Indonesia, kami akan tetap mempertahankan NKRI ini.

Padahal,, masyarakat disana lebih sering 'disodori' tayangan-tayangan dari televisi Filipina, dan mereka pun jika ingin menjual hasil bumi lebih sering ke Mindanao sana.

Kemudian ada Pulau Sebatik yang letaknya di sebelah timur Pulau Kalimantan, berbatasan langsung dengan negara Malaysia. Bahkan ada rumah salah seorang penduduk yang terbagi di 2 negara. Ruang tamu rumah tersebut terletak di Indonesia sedangkan bagian dapurnya masuk ke wilayah Malaysia. Meski demikian mereka sangat bangga menjadi bagian dari bangsa Indonesia. Meskipun ringgit lebih dominan dalam perekonomian masyarakat disana dibandingkan dengan rupiah. Dan mereka pun lebih tahu kondisi terhangat Malaysia karena tayangan TV disana hanya ada TV Malaysia.

Ada iklan salah satu parpol yg isinya kurang lebih seperti ini.. Nasionalisme itu berarti peduli, nasionalisme itu berarti saling mengahargai, Nasionalisme itu berarti profesional dalam bekerja, Nasionalisme itu berarti tidak korupsi, Nasionalisme itu berarti berjuang, dsb..


Tanah air ku tidak ku lupakan
Kan terkenang selama hidupku
Biarpun saya pergi jauh
Tidak kan hilang dari kalbu

Tanah ku yang ku cintai
Engkau ku hargai..

**Lebih bersih, peduli, dan profesional**

Tidak ada komentar: