Selasa, 02 September 2008

Fenomena Murid 'Cerdas'...

Hari Rabu kemarin sekitar jam 11 an, saya di sms murid saya yang di sekolah lama. Kurang lebih isi smsnya seperti ini..

"Assalamu'alaikum bu fida,, bu.. pengertian jaringan intranet itu apa sih buu?? tolong bales ya bu.. gpl. makasih.."

kebetulan saya lagi ga ada pulsa buat jawab, yang ada dalam pikiran saya.. nih anak aneh2 aja, ga tau apa orang lagi di dapur eh malah tanya-tanya jaringan intranet. Ga berapa lama, mungkin karena ga di jawab smsnya, dia nelpon. Dia tanya lagi,, jaringan intranet itu apa sih bu?? trus saya jawab aja.. cari aja di buku, emangnya ga ada..?? ga ada bu, katanya. akhirnya saya jawab dengan seingat saya mengenai jaringan intranet.

Dah ke jawab tuh satu soal, di tinggal sebentar hapenya ke dapur malah bunyi panggilan lagi. Ternyata masih murid saya yg tadi, kali ini dia menanyakan.. "Bu, cara menggunakan internet pake dial up atau modem gimana caranya? sama satu soal lagi nih bu.. Jelaskan sejarah internet dari mulai pertama sampai sekarang.."

Sebelum saya jawab, saya tanya dulu ke dia.. beneran di buku ga ada? "bener ga ada bu.. belom dapet buku cuma lks aja, dari tadi saya bolak balik lks ga ada jawabannya". Saya percaya sama dia, trus saya tanya lagi.. Ini tugas dari LKS ya?? lalu dia jawab.. "Bukan bu, sebenarnya saya lagi ulangan, tapi di tinggal sama gurunya ya udah saya telpon ibu aja.. dari tadi juga saya loudspeaker supaya temen2 saya yang lainnya ngedenger jawaban dari ibu juga..".

Masya Allah.. berarti dari tadi saya ngasih tau orang yang lagi ulangan. Untuk kali ini ga saya kasih tau jawabannya. Otomatis sekelas pada ribut setelah saya ngomong seperti itu, mereka juga bilang.. "logikanya gini aja bu, kalo ulangan di tinggal berarti kita bebas ngapain aja donk.. buka buku boleh, kerja sama juga boleh.. emang salah ya bu kalo saya tanya sama ibu??"

Setelah mereka berkomentar seperti itu, saya balikin lagi aja komentarnya.. Seharusnya ketika ulangan apapun soalnya, ada di buku atau ngga.. sebelumnya harus udah di persiapkan. Kalian kan tau kalo untuk semester ini materinya tentang jaringan dan internet, kalo belom dapet buku bisa minta tolong uncle google buat nyariin.. jadi ga ada alasan.. gurunya belom ngajarin atau apapun itu. Sekelas langsung hening ketika saya ngomong seperti itu,,, Mudah-mudahan aja ada yang berbekas di hati mereka, masukan dari saya.

Eh pas besoknya, ada murid saya lagi yg sms.. kayaknya beda kelas sama yang kemarinnya. Isi smsnya seperti ini..

"Assalamu'alaikum bu fida.. tolong jelaskan dan sebutkan fasilitas-fasilitas yang terdapat dalam internet, tolong ya bu.. makasih."

Dalam hati saya.. mereka yang lagi pada ulangan jadi saya yang di tanyain jawabannya. Untuk yang ini karena nomornya operator lain, jadi dia ga nelpon meskipun ga saya jawab smsnya. Biarlah itu jadi pelajaran buat mereka, supaya lebih bisa menghargai guru yang mengajarkan. Siapapun itu gurunya..

Kalo saya yang jadi gurunya saat itu, trus tau mereka melanggar peraturan ketika ulangan. Langsung saya ga nilai kertas ulangannya untuk yang saat itu, trus saya kasih remedial atau ulangan susulan dengan soal yang beda. Bukannya kejam sih.. cuma ingin mendidik kedisiplinan dan kejujuran kepada mereka.

Tidak ada komentar: