Selasa, 15 April 2008

Butuh 1.830 Miliar Dolar As Untuk Menahan Global Warming!



Global warming, sebuah fenomena alam yang diprakarsai oleh sifat manusia yang serakah. Sehingga bumi yang diciptakan oleh Allah SWT menjadi tidak seimbang dalam hal komposisi udaranya. Panas. Panas. Panas dan panas.

Hasil rapat para pakar lingkungan di Bangkok beberapa bulan lalu menghasilkan rumusan bahwa untuk menahan atau berusaha menurunkan global warming adalah dibutuhkan paling sedikit sekitar 1.830.000.000.000 dolar AS. Jika detik ini harga dollar AS dalam rupiah berkisar 9.500 maka 1.830 miliar dollar AS adalah 17.385.000.000.000.000 rupiah. Terbayang tidak? Uang sebesar itu digunakan hanya untuk sebuah usaha agar suhu bumi tidak naik 2 – 4 derajat celcius.

Desember 2007 ini, beberapa negara berkembang seperti Indonesia, Brazil dan negara lain yang masih memiliki banyak hutan dan lahan akan mendapatkan bantuan dana dari beberapa negara maju untuk menanami kawasannya dengan tanaman atau pohon – pohon atau untuk menghutankan kembali kawasannya. Kabar yang beredar adalah bahwa Indonesia akan kebagian 100-an milir dollar untuk menghijaukan kembali kawasan hutannya. (Ya Allah, semoga uang itu tidak di korupsi oleh siapa pun. Amin.)

Sebenarnya, jika setiap orang mau berlaku bijak terhadap alam, maka global warming bisa dikendalikan. Namun, apa daya, keserakahan kita telah membuat kemurkaan yang harus kita bayar mahal, bahkan dengan nyawa kita dikemudian hari, insya Allah.

Mari, sebelum terlambat. Tanamlah pohon, tanaman, perdu dan semak disekitar rumah kita. Jangan gunduli semua rumput dipekarangan kita, karena rumput itu cukup berperan dalam pengurangan global warming di lingkungan rumah kita. Hematlah dalam menggunakan energi – energi yang akan menaikkan global warming. Berhentilah merokok, kalaupun anda harus merokok, maka telanlah asap rokok itu oleh anda. Karena asap rokok yang anda hembuskan akan melukai banyak orang, termasuk saya. Camkan itu.

Tidak ada komentar: